fbpx
ON40S80
Suryadi

Suryadi

Founder & CEO Jenius Investor

Keuntungan Investasi di Saham (Basic)

Apa saja keuntungan dari Investasi Saham :

Hampir semua Investasi mempunyai keuntungan, tetapi yang menjadi pembeda adalah berapa besar keuntungannya.

Seperti pada Artikel sebelumnya menjelaskan bahwa Investasi Saham jauh unggul diantara instrumen Investasi lainnya. Saat ini masi kita bahas apa saja keuntungan apabila kita berinvestasi di saham :

1. Capital Gain

Adalah keuntungan yang didapatkan Investor dari transaksi jual dan beli saham berupa kelebihan nilai jual dari nilai beli saham, misalnya Anda membeli saham BCA dengan harga Rp. 20.000 per lembar dan Anda jual di harga Rp. 25.000 per lembar maka Anda mendapatkan keuntungan Rp. 5.000 per lembar, jika Anda mempunyai saham BCA sebanyak 10.000 lembar atau 100 Lot (1 lot = 100 lembar) maka keuntungan Anda sebesar 10.000 x Rp. 5.000 = Rp. 50.000.000. 

Saham adalah surat berharga yang paling populer di seluruh dunia dan paling memberikan keuntungan yang konsisten dan tinggi serta mudah dijual (likuid). Kenapa? karena bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, saham memungkinkan untuk mendapatkan return atau keuntungan yang lebih besar dalam waktu yang relatif singkat serta cepat dan mudah untuk dijual.

2. Dividen

Merupakan keuntungan dari Perusahaan Go Public yang dibagikan kepada semua pemegang saham baik pemegang saham institusi ataupun individu. Biasanya tidak seluruh keuntungan perusahaan dibagikan kepada pemegang saham, tetapi ada bagian yang ditanam kembali untuk menambah modal perusahaan tersebut.

Besarnya dividen yang anda terima ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan tersebut. Namun perlu ditekankan bahwa perusahaan tidak selalu membagikan dividen kepada para pemegang saham tetapi tergantunga dari hasil RUPS tersebut yang mengacu kepada kondisi keuangan dan laba bersih yang dihasilkan dari perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut mengalami kerugian tentu saja tidak akan memberikan dividen pada tahun berjalan tersebut.

Misalnya :

PT. AXJ pada tahun 2018 mempunyai labah bersih sebesar Rp. 10.000.000.000 sedangkan jumlah saham yang beredar di masyarakat (public) sebanyak 1.000.000 lembar saham. Berdasarkan hasil RUPS PT. AXJ akan memberikan dividen sejumlah 10% dari labah bersih sebesar Rp. 1.000.000.000.

Pertanyaanya berapa besar Dividen yang didapat dari 1 lembar saham ?

Rumus = Jumlah Dividen / Jumlah saham yang beredar

Rp. 1.000.000.000 / 1.000.000 = Rp. 1.000 per lembar saham

 

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Close Menu